Pulau Menjangan Besar Karimunjawa Tempat Penangkaran hiu, penyu, dan elang Jawa

Pulau menjangan besar karimunjawa
Pulau menjangan besar karimunjawa
Pulau Menjangan Besar Karimunjawa sebagai Tempat penangkaran hiu, penyu, dan elang Jawa. Pulau ini sangat wajib di kunjungi karena menawarkan pengalaman wisata yang tidak biasa, yaitu kesempatan untuk berenang bersama ikan hiu! Terdapat penginapan yang di depan penangkaran hiu tersebut, jadi setiap saat Anda bisa berenang dengan hiu atau ikan lainnya seperti triger fish, kura-kura, barakuda, dll.

Luas sekitar 56 hektar, tidak berpenduduk dan sudah dimiliki oleh PT. Raja Besi. Pulau Menjangan Besar yang terletak sekitar 10 menit sebelah selatan Pulau Karimunjawa. Pulau ini juga digunakan sebagai tempat penangkaran hiu.

Lihat juga,
Alasan Liburan ke Pulau Karimunjawa, mengupas tentang mengapa anda sebaiknya memilih liburan ke pulau karimunjawa
Pulau Menjangan Kecil adalah salah satu spot camping dan snorkeling yang cukup populer di Karimunjawa.
Pesona 27 Pulau di Karimun Jawa, Pada Artikel ini di jelaskan mengenai pulau-pulau yang menjadi daya tarik wisatawan

Penangkaran hiu

penangkaran hiu di pulau menjangan besar karimunjawa
penangkaran hiu di menjangan besar
Penangkaran hiu di pulau menjangan besar terdiri dari 2 kolam, kolam pertama berisi hiu berusia muda berjumlah sekitar 10 ekor hiu dan kolam kedua hiu yang berusia tua berjumlah sekitar 15 ekor. Salah satu jenis hiu karang antara lain, Blacktip Reef Shark yang menyukai perairan dangkal berpasir. Bahkan kadang-kadang mereka juga masuk ke perairan payau dan juga sungai air tawar.

Meski merupakan predator aktif yang memangsa ikan-ikan kecil, lobster, udang, kepiting, cumi-cumi, dan bahkan ular laut dan burung, jenis hiu ini cenderung jarang membahayakan manusia, kecuali jika dipancing dengan makanan. Nah, di sini Anda memiliki kesempatan untuk masuk ke dalam kolam berisi sekelompok Blacktip Reef Shark sementara beberapa orang melemparkan potongan ikan segar ke sekeliling Anda untuk menarik perhatian sang hiu.

Beranikah Anda mencoba? Bila merasa jenis hiu kecil ini tidak cukup menantang adrenalin, Anda bisa mencoba sebuah kolam lain yang berisi hiu-hiu hitam berukuran lebih besar. Tak hanya hiu, Pulau Menjangan Besar juga memiliki kolam penangkaran Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata) yang masih berbentuk tukik (anak penyu). Tukik-tukik ini sangat lucu karena berukuran tidak lebih lebar dari telapak tangan Anda. Hanya saja, bentuknya seperti terbuat dari pahatan batu dan apabila diangkat, mereka menarik masuk kepala dan semua siripnya. Sebagai satu diantara sedikit tempat yang menjadi habitat dari satwa langka penyu sisik dan penyu hijau, Kepulauan Karimunjawa memang cukup konsisten untuk melindungi mereka dari kepunahan.

sudut pulau menjangan besar karimunjawa
pulau menjangan besar karimunjawa
Walaupun merupakan kolam buatan, namun kondisi ekosistemnya menyerupai laut lepas di sekitarnya. Ini disebabkan karena pengairan kolam ini bersumber dari air laut di sekitarnya. Akibatnya, karang dan hewan-hewan di sekitarnya pun mengikuti. Anda bisa menjumpai seekor penyu sisik besar yang berenang dengan malas-malasan di antara hiu-hiu tersebut. Mereka tidak saling mengganggu. Hewan lain yang lebih menarik adalah bintang laut yang berukuran besar dan masih hidup.

Jenis yang saya lihat di kolam ini adalah blue starfish dan horned starfish. Selain penangkaran hiu, penyu juga terdapat penangkaran elang Jawa yang keberadaannya juga sudah langka. Sebagaimana pulau-pulau lainnya di Karimunjawa, Menjangan Besar dikelilingi oleh pantai berpasir putih yang indah. Di sisi lain pulau terdapat sebuah gosong yang oleh penduduk setempat disebut sebagai Gosong Abadi. Gosongan kecil dengan taburan pasir putih yang sangat lembut ini dihiasi oleh pohon-pohon bakau kecil yang baru tumbuh dengan suburnya.

menuju pulau menjangan besar karimunjawa
menuju pulau menjangan besar karimunjawa
Demikian juga dengan perairan pantai di sekeliling gosongan ini. Akar bakau yang kuat mencengkeram ke dalam perut bumi, menjanjikan perlindungan bagi anak ikan dan udang di masa yang akan datang. Tempat ini mungkin “hanya” sekedar pantai berpasir putih yang cantik.
Namun beberapa puluh tahun yang akan datang, gosong ini akan menjelma menjadi hutan bakau, surga yang akan menjaga kelangsungan hidup berbagai ekosistem di sekitarnya. Tiket untuk memasuki pulau ini sebesar: Rp. 10.000,/orang (2011). Jika Anda ingin menyumbang lebih banyak lagi untuk kegiatan pelestarian dan penangkaran hewan-hewan di sana, dipersilahkan

0 Response to "Pulau Menjangan Besar Karimunjawa Tempat Penangkaran hiu, penyu, dan elang Jawa"

Post a Comment